3 JENIS FILTER GENSET YANG HARUS DI KETAHUI


3 jenis filter yang terdapat di genset

Genset adalah mesin penghasil energi daya listrik cukup besar yang terdiri dari beberapa komponen dirangkai menjadi satu kesatuan, pada zaman sekarang genset salah satu mesin yang sangat penting untuk perusahaan besar, home industri, pemerintahan, rumah sakit, resort - resort, pendidikan ataupun projek – projek di luar sana karena bisa membantu berbagai hal seperti pengganti aliran listrik dengan daya yang cukup besar.

Genset juga mempunyai komponen – komponen penting di dalamnya salah satunya filter komponen yang sangat penting di mesin genset, karena filter itu sendiri berfungsi sebagai penyaring apapun yang akan masuk ke dalam mesin genset. Ada beberapa filter di dalam genset .


Filter Udara

Filter udara adalah salah satu komponen di genset yang berfungsi sebagai penyaring kotoran udara yang akan masuk ke dalam mesin diesel, genset juga membutuhkan udara yang cukup bersih untuk pembakaran pada ruang bahan bakar yang nantinya akan menghasilkan tenaga listrik yang baik maka itu filter udara cukup penting disini agar udara tetap bersih dan mesin tidak terhambat.


Filter Udara

Filter Oli

Kita semua pasti sudah tau apa itu filter yaap yaitu penyaring tetapi setiap filter berfungsi berbeda – beda seperti filter oli ini, tetapi fungsi spesifit dari filter ini sebagai penyaring kotoran di oli agar oli yang akan masuk pada mesin dipastikan bersih.


Filter Oli

Filter Solar

Filter ini bisa disebut dengan Fuel Filter yang merupakan juga salah satu komponen penting pada sistem bahan bakar yang berguna untuk menyaring kotoran pada bahan bakar hingga kotoran tidak ikut masuk lagi kedalam ruang bahan bakar ketika melewatinya.

Filter Solar

Sebenarnya filter pada genset tidak hanya tiga yang di atas saja masih ada filter lain yang terdapat di genset seperti filter sparator atau water sparator, berbagai kapasitas genset pun berbeda – beda isi filter yang terdapat di dalamnya. Seperti pada kapasitas genset kecil biasanya hanya terdapat tiga filter saja yaitu filter udara, filter solar dan filter oli, sedangkan pada kapasitas besar biasanya ada penambahan filter seperti filter sparator tadi yang fungsinya juga sangat penting untuk mesin seperti berfungsi memisahkan air dan solar yang akan masuk ke dalam mesin.


Filter Sparator

Karena solar yang terkontaminasi dengan air bisa berbahaya terhadapa kinerja mesin diesel, air yang terbawah akan mengganggu sistem pembakaran seperti mesin tersendat – sendat saat di hidupkan dan juga air di dalam solar dapat menjadi berkembanya mikroba yang menimbulkan Sludge ( Lumpur ) yang mengganggu sistem injeksi BBM, tetapi ada kemungkinan juga tanpa mikroba air tetap menjadi masalah di mesin.


11 views0 comments

Recent Posts

See All