top of page

4 Permasalahan pada Genset dan Cara Memperbaikinya


Dari waktu ke waktu mesin genset terus mengalami inovasi. Baik dari segi tampilan maupun performa. Namun, secanggih apapun alat jika tidak diimbangi dengan perawatan yang baik tentu tetap akan menimbulkan permasalahan. Oleh karena itu tak ada salahnya jika belajar untuk mengetahui apa saja permasalahan pada genset dan bagaimana cara mengatasinya.


1. Mengatasi genset yang mendadak mati

Permasalahan ini memang seringkali terjadi dimana biasanya genset akan mendadak mati selang beberapa detik menyala. Hal ini kadang terjadi karena adanya air pada tangki bahan bakar genset. Anda bisa melakukan pengurasan untuk memastikannya. Selain itu juga perhatikan pada saringan bahan bakar, banyaknya debu pada saringan ini bisa menyebabkan buruknya sirkulasi udara dan membuat mesin mati.

Jika setelah pengurasan tangki hal ini masih terjadi, langkah selanjutnya adalah melakukan cek pada lubang ventilasi. Biasanya ada hambatan yang membuat ventilasi tersumbat dan mati mendadak.


2. Genset tidak bisa di starter

Aki memiliki peran penting untuk kendaraan, sama halnya pada genset. Aki yang lemah membuat mesin menjadi susah untuk di starter. Oleh karena itulah pentingnya dilakukan pengecekan secara rutin. Jika dirasa sudah terlalu tua dan lemah ada baiknya untuk mengganti dengan aki yang baru.

Selain permasalahan pada aki, hal ini bisa juga karena kabel yang tidak tersambung dengan baik atau kendor. Jika setelah pengecekan dua hal tersebut masih susah di starter maka ada kemungkinan motor starter gensetnya yang sudah saatnya ganti.


3. Genset kehilangan Power

Adakalanya genset mengalami loss power. Ini biasanya terjadi karena plunger pompa mulai aus. Selain itu bisa juga karena adanya bagian yang patah pada pegas katup. Oleh karena itu perlu dilakukan penggantian dengan part yang baru jika terjadi permasalah tersebut.


4. Genset mengalami gangguan arus

Masalah ini terjadi ketika adanya beban berlebih pada genset, sehingga genset menjadi kerja lebih keras dan dipaksakan dan akhirnya terjadi gangguan. Pada dsarnya genset memang telah dilengkapi dengan alat pencegah arus berlebih namun beberapa kasus hal ini masih bisa terjadi. Oleh karena itu perlu menambahkan pelindung generator sebagai pencegah tambahan.

Jika masalah genset anda berbeda dan tak disebutkan diatas coba kunjungi Powerline Genset atau https://www.servicegensetpowerline.com/ karena disana ada banyak sekali cara mengatasi berbagai permasalahan yang ada di genset. Atau apabila mencari tempat untuk menyelesaikan permasalahan genset Anda memilih tempat tersebut adalah solusi tepat.

10 views0 comments

Recent Posts

See All

Kegunaan Water Pump Engine Pada Genset 

Perlu Anda ketahui bahwa kegunaan water pump engine pada genset yang merupakan bagian dari diesel genset fungsinya yaitu sebagai sirkulasi air pendingin dari engine pada radiator dan juga kembali lagi

Penempatan Tangki Solar Genset Yang Tepat

Tangki solar genset biasanya sudah menjadi satu kesatuan dalam genset terutama untuk genset dengan kapasitas menengah dan kapasitas kecil. Tetapi untuk genset dengan kapastas besar sudah tidak memungk

bottom of page