top of page

4 Tips Instalasi Genset Bagi Pemula untuk Pemasangan Rumah

Sebenarnya untuk memasang instalasi genset pada rumah tidaklah sulit. Hal yang diperhatikan yaitu Anda harus bisa memahami caranya dengan tepat. Sebab, logikanya memang seseorang itu hanya perlu memindahkan sumber daya listrik tersebut dari meteran hingga ke suatu genset. Memasang generator set pada instalasi listrik seperti rumah ini juga harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Supaya resikonya tidak akan besar.



Langkah-Langkah untuk Memasang Instalasi Genset


Ada beberapa langkah yang diperlukan untuk memasang instalasi yang benar.


1. Menyiapkan Perangkat Serta Peralatan


Cara pertama yang perlu Anda lakukan yaitu dalam memasang genset adalah dengan menyiapkan alat-alat, serta bahan-bahan yang memang sangat diperlukan. Sebab, dengan melakukan persiapan dari awal akan menghindarkan seseorang dari berbagai kendala. Alat-alatnya adalah papan kayu secukupnya, boz sikring, sikiring otomatis, socket relay, kabel NGA, omron serta terminal kabel dan juga peralatan elektronik yaitu obeng tespen dan juga tank.


2. Memastikan Bahwa Rangkaian Memang Sudah Terpasang Dengan Baik


Anda juga harus memastikan bahwa instalasi yang telah dipasang tersebut memang sudah tepat. Apabila melakukan kesalahan pastinya listrik tidak akan menyala. Perlu dipahami bahwa relay omron dapat dipersiapkan sebelumnya dan mempunyai fungsi dalam memindahkan sumber daya listrik ke meteran PLN, pada genset apabila listrik sudah mati.


Diketahui bahwa relay ini akan secara otomatis dapat memindahkan satu daya pada generator set PLN di listrik agar kembali menyala. Sehingga Anda juga tidak perlu khawatir lupa pada saat mematikan genset. Hal itu membuatnya kembali menyala. Genset tersebut juga akan mati secara otomatis apabila tidak digunakan.


3. Memberikan Kode Secara Khusus di Setiap Terminal


Jangan lupa untuk memberikan kode secara khusus ataupun nama terminal yang yang akan ditemui. Pakai juga nama-nama yang lumayan mudah diingat. Supaya mempermudah dalam proses instalasi. Memberikan kode yang unik pada terminal akan membuat itu lebih mudah. Pada saat sistem jaringan kabel dikerjakan, secara tidak langsung tentunya itu dapat menghindari kesalahan instalasi ketika pemasangan genset tersebut.


Perlu dipahami juga bahwa anda sangat memerlukan beberapa hal di dalam kondisi tersebut yang dapat dipakai dan berfungsi dalam memutus arus pada listrik dari aki. Sehingga saat genset sudah kembali menyala di sisi yang lainnya yaitu relay kedua akan mendukung kinerja switch S1 ataupun Relay 1 menjadi maksimal.


4. Pertimbangkan untuk Memakai Jasa Ahli


Apabila Anda memang masih ragu dalam memahami elektrikal, memang sebaiknya untuk menggunakan jasa para ahli instalasi. Tujuannya yaitu guna menghindari resiko yang akan mungkin bisa saja terjadi. Jika sudah melakukan kesalahan dalam instalasi hal tersebut dapat membuat suatu aliran listrik pada rumah bisa konslet. Terlalu sering mengalami itu akan membuat berbagai perabotan elektrik menjadi mudah rusak. Selain itu juga, perhatikan aspek keamanan seperti menyimpan genset di luar rumah, sehingga dapat memberikan jarak supaya bisa menghindari berbagai macam risiko yang berbahaya yang mungkin saja dapat terjadi. Pastikan juga dalam melakukan instalasi dari genset pada rumah ini dengan baik agar hasilnya bisa efisien dan juga efektif.


Jika Anda memang memerlukan bantuan yaitu mengenai kebutuhan seperti pemasangan instalasi genset bisa melalui servicegensetpowerline.com sebab tempat yang satu ini memiliki tim profesional yang siap membantu Anda untuk menggunakan genset secara optimal. Selain itu juga, perlu menjual berbagai produk genset yang berkualitas dan terjangkau baik itu secara offline maupun online.

28 views0 comments

Recent Posts

See All

Kegunaan Water Pump Engine Pada Genset 

Perlu Anda ketahui bahwa kegunaan water pump engine pada genset yang merupakan bagian dari diesel genset fungsinya yaitu sebagai sirkulasi air pendingin dari engine pada radiator dan juga kembali lagi

Penempatan Tangki Solar Genset Yang Tepat

Tangki solar genset biasanya sudah menjadi satu kesatuan dalam genset terutama untuk genset dengan kapasitas menengah dan kapasitas kecil. Tetapi untuk genset dengan kapastas besar sudah tidak memungk

bottom of page