top of page

8 Langkah Merawat Genset Dengan Benar

Updated: Jan 5, 2023



Mesin genset merupakan barang yang mahal dan sensitif. Perlu adanya perawatan genset dilakukan agar tidak terjadi kerusakan. Beberapa perawatan memang memerlukan jasa khusus ahli genset kami. genset ini berlaku untuk semua genset silent Namun sebelum menggunakan jasa genset, Anda bisa menerapkan langkah terbaik merawat genset di rumah berikut ini.


1. Pengoperasinya Benar

Sebelum menggunakan genset Anda tentu meminta jasa genset untuk pemasangan atau instalasinya. Jadi perhatikan dan tanyakan bagaimana cara untuk melakukan operasi genset yang benar agar tidak terjadi kesalahan ke depannya. Jika sudah dioperasikan dengan benar dan terjadi kerusakan dalam masa garansi, Anda bisa menggunakan garansinya untuk diperbaiki.


2. Matikan Genset

ketika menghidupkan genset tetap perlu sesekali dilakukan pemantauan, barangkali ada sesuatu yang janggal maka bisa segera mematikannya. Misalnya suara genset yang tiba-tiba lebih keras daripada biasanya atau getaran yang terlalu kuat. Jadi matikan genset terlebih dahulu setelah itu cek ulang kondisi genset, apakah ada yang berbeda dari biasanya atau tidak.


3. Posisi Letak

Langkah merawat genset yang mudah dengan memilih posisi letak teraman. Meskipun genset tahan cuaca panas dan hujan tetap harus diletakkan di posisi yang paling aman. Lebih baik jika diletakkan di dalam ruangan, jika tidak Anda bisa meletakkannya di bagian luar rumah namun tetap diberi semacam atap. Jauhkan dari risiko terkena air dan matahari langsung.


4. Kebersihan Genset

Sebelum terjadi kerusakan yang fatal dan memanggil jasa dari Trupower Anda bisa melakukan perawatan dengan menjaga kebersihan genset. Bersihkan bagian debu, minuak, kotoran, atau apa pun yang melekat di bagian genset. Perhatikan dengan baik apakah kinerjanya berjalan optimal atau tidak. Anda bisa membersihkannya menggunakan kain yang menyerap dan tidak kasar.

Kebersihan genset ini dijaga dengan memperhatikan sirkulasi udaranya jika diletakkan di dalam ruangan. Jangan sampai gas sisa pembuangan genset tidak keluar dari knalpotnya sehingga menumpuk di dalam ruangan. Menjaga kebersihan genset ini membantu agar genset tidak mudah panas.


5. Kabel-Kabel Instrumen

Langkah perawatan berikutnya yang bisa Anda lakukan di rumah Anda mengecek kabel-kebal instrumen secara berkala. Jika tidak dicek maka risikonya genset bisa mengalami kerusakan dan tidak bisa hidup. Akibatnya bisa berisiko mengeluarkan biaya yang besar untuk perbaikan.


6. Kondisi Bahan Bakar

Genset hidup menggunakan bahan bakar. Setiap genset ada ketentuan bahan bakar yang digunakannya. Anda harus memperhatikan kondisi bahan bakar ini dengan melakukan pengecekkan rutin. Jangan sampai genset mengalami kondisi bahan bakar kosong karena bisa membuat genset berisiko lebih cepat rusak dan kualitas mesinnya menurun.

7. Distilled Water

Bagian selanjutnya yang perlu Anda periksa secara rutin adalah distilled water pada bagian battery distilled. Bagian ini harus dilakukan pengisian ulang secara rutin dengan jangka waktu tertentu. Anda bisa menanyakan ini dengan jasa genset saat pemasangan. Optimal atau tidaknya kinerja genset dipengaruhi juga oleh kondisi bagian ini.


8. Oli

Tidak hanya mesin motor, mesin genset juga menggunakan oli dan merupakan bagian yang harus Anda perhatikan. Periksalah kondisi oli mesin secara berkala dan pastikan tidak mengalami kekurangan oli. Saat oli sudah mulai hitam atau keruh segera lakukan penggantian agar kinerja mesin tetap bisa optimal. Biasanya penggantian oli ini maksimal 6 bulan atau sesuai pemakaian.

Langkah di atas bisa Anda lakukan sendiri secara rutin. Hanya saja jika genset sudah tidak bekerja optimal bisa jadi ada kerusakan pada suku cadangnya. Saat itulah Anda sudah pasti membutuhkan kami untuk melakukan penggantian suku cadang genset.

5 views0 comments

Recent Posts

See All

Kegunaan Water Pump Engine Pada Genset 

Perlu Anda ketahui bahwa kegunaan water pump engine pada genset yang merupakan bagian dari diesel genset fungsinya yaitu sebagai sirkulasi air pendingin dari engine pada radiator dan juga kembali lagi

Penempatan Tangki Solar Genset Yang Tepat

Tangki solar genset biasanya sudah menjadi satu kesatuan dalam genset terutama untuk genset dengan kapasitas menengah dan kapasitas kecil. Tetapi untuk genset dengan kapastas besar sudah tidak memungk

bottom of page