top of page

Bagaimana Cara Kerja Panel Otomatis Genset


cara kerja panel otomatis genset

Khususnya di wilayah-wilayah industri biasanya genset yang digunakan sudah terintegrasi dengan Panel Otomatis Genset. Bahkan ada juga yang terintegrasi dengan panel sinkron jika terdapat lebih dari 1 genset yang digunakan secara bersamaan. Dengan menggunakan panel otomatis tersebut memang harus diakui memiliki keuntungan tersendiri sehingga banyak disarankan oleh beberapa ahli kelistrikan jika menggunakan genset. Banyak yang pihak yang menjual panel-panel otomatis tersebut terutama di toko online digital dengan berbagai fitur dan harga yang berbeda-beda.


Bahkan di tempat jual genset biasanya sekaligus menjual produk aksesori genset seperti sparepart genset dan juga panel otomatis genset. Akan tetapi, sebenarnya bagaimana cara kerja dari panel otomati sgenset tersebut tersebut? Berikut bebarapa penjelasan singkatnya.

  • Setelah panel otomatis genset sudah ditempatkan dengan benar dan terinstal dengan baik, pastikan jika settingan panel otomatis yang dimiliki diatur dalam kondisi auto dan bukan manual. Hal ini dikarenakan dalam kondisi auto maka genset bisa bekerja secara otomatis dan tidak perlu dibutuhkan kerja manual seperti memindah tuas dari sumber PLN ke genset. Sedangkan bila kalian mengatur panel dalam kondisi manual maka kalian masih harus bekerja manual dengan memindahkan tuas sumber listriknya dan tidak bisa otomatis sehingga tidak terlalu berguna.

  • Kalian perlu mengetahui jika yang membuat genset menyala otomatis sebenarnya bukan panel otomatis tapi modul panel otomatis. Modul itulah yang membuat genset bisa langsung menyala saat listrik utama padam secara tiba-tiba. Agar bisa menyala dengan otomatis maka modul tersebut harus diatur pada mode otomatis. Untuk letak modul tersebut, kalian tidak perlu repot mencarinya karena sudah menyatu menjadi bagian dari genset.

  • Setelah semuanya terpasang dan diatur dengan baik, maka langkah terakhir adalah mengirimkan sinyal. Panel akan mengirimkan sinyal ke modul agar menyala. Karena modul sudah diatur dalam mode otomatis maka sesaat setelah listrik mati genset akan langsung menyala secara otomatis.

Meskipun terlihat cukup sulit dan merepotkan, tapi sebenarnya cara kerja panel otomatis genset tersebut terbilang mudah apalagi jika panel otomatis genset sudah disetting dengan benar, sehingga kalian bisa mempelajarinya dengan cepat. Hal ini penting karena jika sewaktu-waktu panel otomatis tersebut mengalami kerusakan maka kalian bisa mengetahuinya dengan cepat dan bisa langsung memperbaikinya. Meskipun sebaiknya kalian menyerahkan urusan perbaikan pada teknisi ahli, tapi jika kerusakannya cukup kecil maka bisa kalian perbaiki sendiri. Baru jika kerusakannya cukup serius kalian bisa memanggil teknisi ahli yang berpengalaman agar tidak membuat genset tersebut semakin rusak.

Tentu saja apabila menggunakan panel otomatis genset yang tidak berkualitas maka panel otomatis akan lebih cepat mengalami kerusakan. Karena itu pastikan untuk membeli atau mencari panel otomatis di tempat yang secara lengkap menjual panel otomatis genset beserta sparepart genset lainnya seperti di CV. Primagens Listrindo yang berada di Cikupa, Tangerang.

9 views0 comments

Recent Posts

See All

Kegunaan Water Pump Engine Pada Genset 

Perlu Anda ketahui bahwa kegunaan water pump engine pada genset yang merupakan bagian dari diesel genset fungsinya yaitu sebagai sirkulasi air pendingin dari engine pada radiator dan juga kembali lagi

Penempatan Tangki Solar Genset Yang Tepat

Tangki solar genset biasanya sudah menjadi satu kesatuan dalam genset terutama untuk genset dengan kapasitas menengah dan kapasitas kecil. Tetapi untuk genset dengan kapastas besar sudah tidak memungk

bottom of page