top of page

Bagaimana Cara Merawat Genset Diesel Anda



Dengan meningkatnya pemadaman listrik yang terjadi di beberapa tempat, banyak konsumen telah berinvestasi pada genset diesel untuk menyediakan daya listrik cadangan baik untuk tempat tinggal maupun bisnis mereka.


Genset diesel tetap menjadi pilihan nomor satu untuk sistem daya listrik siaga karena keandalan dan daya tahannya. Mampu memulai dan menanggung beban dalam waktu singkat, generator ini memberikan ketenangan pikiran kepada konsumen pada saat dibutuhkan.


Genset diesel memiliki berbagai ukuran daya antara 1 kW hingga 2,7MW dan menampilkan beragam fitur sistem yang dapat disesuaikan dengan aplikasi spesifik Anda, baik untuk daya siaga atau daya utama.


Penggunaan Dari Genset Diesel


Generator diesel adalah kombinasi dari mesin diesel dan generator listrik untuk menghasilkan energi listrik. Kombinasi paket dari mesin diesel, generator dan berbagai perangkat tambahan seperti redaman suara, sistem kontrol, pemutus sirkuit dan sistem start disebut sebagai genset.


Genset diesel portabel kecil tersedia dengan kisaran daya dari sekitar 1 kVA hingga 10 kVA yang cocok untuk digunakan sebagai catu daya di lokasi konstruksi dan kendaraan seperti rumah mobil.


Generator industri yang lebih besar hingga 2.000 kVA digunakan untuk kompleks perkantoran besar dan pabrik, sedangkan generator hingga sekitar 5 MW digunakan untuk pembangkit listrik kecil.


Kapal sering juga menggunakan genset diesel untuk lebih dari daya tambahan untuk peralatan kecil. Seringkali genset ini digunakan secara tidak langsung untuk penggerak. Generator ini sering digunakan pada kendaraan darat yang besar juga.


Merawat Genset Diesel


Genset diesel seperti mesin lainnya memerlukan perawatan untuk memastikan mereka beroperasi saat dibutuhkan. Mengabaikan perawatan Genset diesel dapat menyebabkan fungsinya yang tidak dapat diandalkan serta kerusakan.


Mesin diesel dapat mengalami kerusakan akibat lapisan kaca internal dan penumpukan karbon yang disebabkan oleh kegagalan mengikuti pedoman pengoperasian. Generator diesel harus dijalankan setidaknya 60-75% dari beban pengenal maksimumnya.


Menjalankan genset diesel pada beban rendah menyebabkan tekanan silinder rendah yang menyebabkan pembakaran yang buruk dan pembentukan jelaga. Residu bahan bakar yang tidak terbakar menyumbat ring piston yang memperburuk tekanan rendah.


Setelah kaca atau penumpukan karbon terjadi, itu hanya dapat diperbaiki dengan melucuti mesin dan mengebor ulang lubang silinder, mengerjakan tanda pengasahan dan pengupasan baru, membersihkan dan menghilangkan kokas, nozel dan katup injektor bahan bakar.


Situasi ini dapat dicegah dengan memilih genset secara hati-hati sesuai dengan pedoman yang dicetak pabrikan.


Berbagai macam genset diesel memungkinkan pelanggan untuk memilih generator yang akan memberikan jumlah daya yang tepat sesuai dengan kebutuhan mereka. Genset diesel sekarang juga tersedia dengan peredam suara untuk menyediakan genset tipe silent yang cocok untuk acara di luar ruangan dan penggunaan di rumah tanpa gangguan suara ke tetangga dan orang yang menghadiri acara tersebut.


Dengan pasokan listrik yang tidak dapat diandalkan dan potensi pelepasan beban dan pemadaman listrik di masa depan, memiliki generator diesel memastikan konsumen memiliki sumber daya yang andal untuk daya siaga dan jangka panjang.



3 views0 comments

Recent Posts

See All

Kegunaan Water Pump Engine Pada Genset 

Perlu Anda ketahui bahwa kegunaan water pump engine pada genset yang merupakan bagian dari diesel genset fungsinya yaitu sebagai sirkulasi air pendingin dari engine pada radiator dan juga kembali lagi

Penempatan Tangki Solar Genset Yang Tepat

Tangki solar genset biasanya sudah menjadi satu kesatuan dalam genset terutama untuk genset dengan kapasitas menengah dan kapasitas kecil. Tetapi untuk genset dengan kapastas besar sudah tidak memungk

Comments


bottom of page