top of page

Beberapa Kegagalan Mesin Diesel Genset Cummins



Sangat berbahaya bila terjadi kegagalan selama pengoperasian mesin diesel genset Cummins, kegagalan ini tidak hanya merusak bagian dasar, bahkan menyebabkan kecelakaan berat. Padahal, biasanya, sebelum kerusakan mesin diesel Cummins terjadi, akan muncul beberapa tanda yang tidak biasa, seperti kecepatan, suara, knalpot, suhu air, tekanan oli, kita dapat dengan cermat mengamati anomali di area ini untuk menilai kemungkinan kegagalan mesin diesel Cummins, sehingga terhindar dari kecelakaan.


Kegagalan pertama mesin diesel genset Cummins: “Kecepatan Berlebih”

Umumnya ada masalah seperti asap hitam, minyak terbakar atau kecepatan tidak stabil sebelum mesin diesel Cummins mengalami kegagalan kecepatan berlebih.

Pengukuran:

(1) Matikan akselerator untuk menghentikan suplai oli dan rem;

(2) pasang pipa pemasukan udara, potong udara untuk masuk;

(3) pipa bertekanan tinggi yang longgar untuk menghentikan pasokan oli;


Kegagalan kedua mesin diesel genset Cummins: goresan liner silinder

ini adalah kegagalan mekanis yang menghancurkan, biasanya kita tahu bahwa silinder bawah katup udara mesin diesel Cummins akan menyebabkan kegagalan ini, pada kenyataannya, sebagian besar kegagalan ini disebabkan oleh baut batang penghubung yang longgar, karena ketika baut batang penghubung longgar atau memanjang selama menjalankan mesin diesel Cummins, celah antara bantalan batang penghubung akan meningkat, pada saat ini, kita akan mendengar "bla" di area bak mesin, kebisingan akan menjadi lebih kecil menjadi lebih besar, akhirnya ketika menghubungkan- baut batang benar-benar lepas atau putus, batang penghubung dan tutup bantalan akan lepas, dan merusak blok mesin dan bagian terkait.

langkah-langkah: segera matikan untuk pemeliharaan dan ganti suku cadang baru


Kegagalan ketiga mesin diesel genset Cummins: silinder lengket/macet

ketika mesin diesel Cummins tidak memiliki cukup air, akan ada masalah seperti kegagalan lengket/macet, operator yang hati-hati akan menemukan bahwa mesin bekerja tanpa daya yang cukup sebelum silinder lengket, dan suhu air akan melebihi 100 ℃.

Pengukuran:

Mesin diesel Cummins harus berjalan pada kecepatan diam atau matikan mesin dan goyangkan poros engkol dalam keadaan dingin, saat suhu turun menjadi sekitar 40 ℃, kemudian tambahkan air pendingin secara perlahan. Harap perhatikan bahwa jangan segera menambahkan air pendingin, karena bagian mesin diesel Cummins akan berubah bentuk atau retak karena suhu parsial berubah secara dramatis.


Kegagalan keempat mesin diesel genset Cummins: patahnya sumbu/poros

Kita sering mengabaikan retakan samar di antara bahu poros engkol mesin diesel Cummins, nyatanya kotak poros engkol mesin akan menghasilkan suara ketukan dengan retakan yang meningkat, saat kecepatan dipercepat, suara ketukan juga akan bertambah, sedangkan asap hitam juga akan menemani, akhirnya. poros engkol retak karena Mesin Cummins yang bergetar, kemudian mesin mati.

langkah-langkah: periksa retakan poros engkol tepat waktu dan kemudian ganti.


Kegagalan kelima Mesin Diesel genset Cummins: Burnout/terbakar

Sebelum burnout, ada prewarning seperti kecepatan turun tiba-tiba, beban naik, tekanan oli turun, keluarnya mesin asap hitam, bunyi gesekan kering di kotak poros engkol.

langkah-langkah: matikan segera, periksa bantalan batang penghubung, lakukan perawatan dan penggantian.


Apabila Anda ingin memperbaiki mesin genset Cummins yang dimiliki ada baiknya menghubungi tim service genset terbaik seperti di Primagens Listrindo.

4 views0 comments

Recent Posts

See All

Kegunaan Water Pump Engine Pada Genset 

Perlu Anda ketahui bahwa kegunaan water pump engine pada genset yang merupakan bagian dari diesel genset fungsinya yaitu sebagai sirkulasi air pendingin dari engine pada radiator dan juga kembali lagi

Penempatan Tangki Solar Genset Yang Tepat

Tangki solar genset biasanya sudah menjadi satu kesatuan dalam genset terutama untuk genset dengan kapasitas menengah dan kapasitas kecil. Tetapi untuk genset dengan kapastas besar sudah tidak memungk

bottom of page