Bisakah Anda Merawat Genset Diesel Anda dengan Benar?



Untuk genset diesel, penting untuk merawat secara teratur untuk memastikan pengoperasian peralatan yang aman; ini adalah cara yang efektif untuk memulihkan kinerja teknis peralatan, menghilangkan kesalahan dan masalah tersembunyi, dan memperpanjang masa pakai peralatan.

Namun selama proses perawatan, mungkin kita tidak tahu apakah kita bisa merawatnya dengan baik. Jadi, hari ini kami merangkum beberapa masalah dalam metode perawatan.


1. Gagal memeriksa kelonggaran pas bagian


Dalam pemeliharaan generator diesel umum, jarak bebas antara piston dan liner silinder, ring piston "tiga jarak bebas", jarak bebas atas piston, jarak bebas katup, jarak piston, jarak sepatu rem, izin pemasangan gigi master-slave, jarak sumbu bantalan dan radial, batang katup dan izin pemasangan pemandu katup, dll. Ada persyaratan ketat untuk semua jenis genset. Selama perawatan, kita harus melakukan pengukuran, menyesuaikan atau mengganti bagian yang tidak memenuhi persyaratan izin.

Dalam operasi perawatan aktual, jika kita tidak mengukur jarak pas, sementara merakit bagian secara membabi buta, itu akan menyebabkan keausan awal atau ablasi bantalan, pembakaran oli mesin di generator diesel, sulit memulai atau deflagrasi, putusnya cincin piston, tabrakan bagian, kebocoran oli, kebocoran udara dan kesalahan lainnya.

Kadang-kadang, itu bahkan akan menyebabkan kecelakaan kerusakan mekanis yang serius karena pembersihan suku cadang yang tidak tepat.


2. Saat generator listrik dipasang, pasang bagian demi bagian


Dalam pemeliharaan generator listrik, beberapa bagian perakitan memiliki persyaratan arahan yang ketat. Hanya pemasangan yang benar yang dapat memastikan pengoperasian normal suku cadang dan komponen. Namun dalam operasi sebenarnya sering terjadi pemasangan terbalik, yang mengakibatkan kerusakan awal pada suku cadang, pengoperasian mesin yang tidak normal, kecelakaan kerusakan peralatan, dll. Seperti liner silinder mesin, pegas katup yang tidak sama, piston mesin, ring piston, bilah kipas dll. Bagian-bagian ini mudah dipasang karena kesalahan. Ini akan menyebabkan operasi tidak normal setelah perakitan, yang menyebabkan kegagalan peralatan.

Oleh karena itu, saat merakit suku cadang, personel pemeliharaan harus menguasai struktur dan persyaratan arah pemasangan suku cadang, dan tidak dapat diasumsikan memasang secara cepat.



3. Penilaian dan analisis kegagalan


Karena personel pemeliharaan tidak mengetahui dengan jelas tentang struktur mekanis dan prinsip peralatan, jangan menganalisis penyebab kesalahan dengan cermat, tidak dapat menilai lokasi kerusakan secara akurat, dan membongkar peralatan secara membabi buta dengan gagasan "mungkin, hampir". Hasil tidak hanya kesalahan asli tidak dihilangkan, tetapi juga masalah baru muncul.

Ketika genset rusak, itu harus diuji dengan peralatan pengujian. Jika tidak ada peralatan pengujian, kita dapat menggunakan metode penilaian kesalahan tradisional, misalnya "tanyakan, lihat, periksa, dan uji" dapat digunakan untuk menentukan lokasi gangguan yang paling mungkin dalam kombinasi dengan struktur dan prinsip kerja peralatan. Saat menilai kegagalan peralatan, "metode eliminasi" dan "metode perbandingan" yang umum adalah dari yang sederhana hingga yang rumit, dari tampilan hingga interior, dari perakitan hingga komponen.


4. Ganti bagian secara cepat


Relatif sulit untuk menilai dan menghilangkan kesalahan peralatan. Beberapa petugas perawatan selalu menggunakan metode tes penggantian. Tidak peduli bagian besar atau kecil, selama mereka berpikir bahwa itu mungkin bagian yang menyebabkan kesalahan, mereka akan mengganti satu per satu untuk menguji. Akibatnya, tidak hanya kerusakan yang tidak dieliminasi, tetapi juga bagian yang tidak boleh diganti pun diganti sesuka hati, yang meningkatkan biaya perawatan. Beberapa bagian yang rusak dapat dikembalikan ke performa teknisnya melalui perbaikan, seperti generator, kompresor udara, blower, burner, pompa oli roda gigi, dan sebagainya. Mereka dapat diperbaiki tanpa proses perbaikan yang rumit.

Selama pemeliharaan, penyebab dan bagian dari kesalahan harus dianalisa dan dinilai secara hati-hati sesuai dengan fenomena gangguan. Untuk bagian yang dapat diperbaiki, metode perbaikan harus diadopsi untuk memulihkan kinerja teknis, dan penggantian buta bagian harus dihindari.


5. Komponen tidak dibersihkan dan didekontaminasi secara menyeluruh, kerusakan dini dan korosi sering terjadi.


Selama pemeliharaan peralatan, sangat penting untuk menghilangkan minyak dan kotoran di permukaan suku cadang untuk meningkatkan kualitas perbaikan dan memperpanjang masa pakai mesin. Kegagalan memperhatikan pembersihan komponen, pemilihan agen pembersih yang tidak tepat, metode pembersihan yang tidak tepat, dll., Akan menyebabkan keausan dini dan kerusakan komponen yang korosif. Jika serba-serbi di lubang baut dan partikel pasir di komponen hidrolik tidak dilepas seluruhnya, baut akan rusak.

POWERLINE adalah distributor terpercaya di Indonesia yang menyediakan beragam genset yang tidak hanya terkenal namun juga terbaik. Dengan harga genset yang terjangkau tentunya bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda pilih dan gunakan. Adapun untuk pilihan genset yang kami tawarkan diantaranya yaitu Cummins, Perkins, Yanmar, Volvo, Lovol, Deutz, Isuzu dan lain sebagainya dengan pilihan terlengkap. Selain itu kami juga menawarkan service untuk anda yang mengalami masalah pada genset serta penyediaan sparepart dengan produk ternama dan bermutu. Dengan pelayanan lengkap pastinya anda tidak perlu ragu lagi. Apabila anda ingin melakukan pemesanan bisa langsung mengunjungi website resmi kami dan dapatkan pilihan genset yang anda inginkan sekarang juga.

0 views0 comments