top of page

Cara Menghilangkan Udara dari Sirkuit Oli Generator Diesel

Apa dampak dari masuknya udara ke genset diesel?

Jika terdapat udara di dalam sistem bahan bakar genset diesel, genset diesel akan sulit untuk dihidupkan atau mudah terbakar. Udara memiliki kompresibilitas dan elastisitas yang tinggi. Ketika ada titik kebocoran pada pipa bahan bakar dari tangki bahan bakar ke pompa bahan bakar mesin diesel, udara akan bocor ke dalam pipa, sehingga mengurangi kevakuman di bagian pipa ini, melemahkan isapan bahan bakar di tangki, dan bahkan menghentikan aliran, mengakibatkan mesin tidak dapat hidup. Jika udara kurang tercampur, aliran oli masih dapat dipertahankan dan dialirkan ke pompa injeksi bahan bakar oleh pompa oli, tetapi mesin mungkin sulit dihidupkan, atau akan mati secara otomatis segera setelah dihidupkan.

Semakin sedikit jumlah udara yang tercampur dalam rangkaian oli maka akan menyebabkan jumlah oli silinder terputus atau jumlah injeksi bahan bakar akan berkurang secara signifikan sehingga membuat mesin diesel tidak dapat menyala sama sekali.

Sistem suplai bahan bakar genset diesel dibagi menjadi sirkuit oli bertekanan rendah dan sirkuit oli bertekanan tinggi. Sirkuit oli bertekanan rendah mengacu pada bagian saluran oli dari tangki bahan bakar ke ruang oli bertekanan rendah dari pompa injeksi, dan saluran oli bertekanan tinggi mengacu pada bagian saluran oli dari rongga pendorong di bagian atas. -pompa tekanan ke nosel injeksi. Pada sistem suplai pompa pendorong, tidak akan ada infiltrasi udara di sirkuit oli bertekanan tinggi, dan akan ada titik kebocoran yang hanya akan menyebabkan kebocoran bahan bakar. Temukan cara untuk menutup titik kebocoran.

Dalam operasi sehari-hari, masalah udara yang masuk ke sirkuit oli sering terjadi. Lantas bagaimana cara menghilangkan udara dalam rangkaian oli dari generator diesel agar genset kembali beroperasi normal dalam situasi seperti ini?

Metode untuk menghilangkan udara dari sirkuit oli generator diesel dalam keadaan yang berbeda

1. Gunakan obeng atau kunci pas untuk membuka salah satu sekrup knalpot di kedua sisi pompa injeksi bahan bakar, dan tekan pompa oli manual dengan tangan Anda sampai solar yang dikeluarkan terus menerus, tidak terhalang dan bebas dari gelembung, dan generator diesel membuat suara "mencicit". Kemudian kencangkan sekrup pemeras dan tekan pompa oli manual kembali ke posisi semula.

2. Jika Anda tidak memiliki obeng atau kunci pas yang sesuai untuk membuka sekrup pemeras pada pompa injeksi bahan bakar selama pengoperasian, Anda dapat melepaskan pompa bahan bakar tangan terlebih dahulu, lalu melonggarkan sambungan pipa dari filter diesel ke bahan bakar pompa injeksi, dan kemudian tekan pompa oli tangan berulang kali sampai aliran oli halus bebas gelembung keluar dari sambungan, lalu tekan pompa oli tangan untuk mengencangkan sambungan, lalu tekan pompa oli tangan kembali ke posisi semula.

3. Jika Anda tidak memiliki kunci inggris untuk mengendurkan sambungan pada pipa, Anda dapat menekan pompa bahan bakar manual berulang kali dengan tangan. Ketika tekanan di sirkuit oli bertekanan rendah cukup tinggi dari generator diesel ke pompa oli ke pompa injeksi bahan bakar, generator diesel mengalir ke saluran balik bahan bakar dari katup overflow, dan gas di genset akan dibuang dari katup luapan.

4. Jika Anda perlu mengeluarkan udara dari sirkuit oli, pertama-tama Anda dapat melonggarkan sekrup pembuangan pada pompa injeksi bahan bakar atau melonggarkan sambungan apa pun antara filter diesel dan pompa injeksi bahan bakar, dan kemudian menggerakkan pompa bahan bakar mekanis dengan memulai. Titik kebocoran ini akan menyemprotkan bahan bakar yang halus dan bebas gelembung, lalu mengencangkan titik kebocoran di atas yang telah Anda kendurkan.

Udara dalam sistem bahan bakar genset diesel harus dibuang untuk memastikan pengoperasian normal unit. Selama pemeriksaan harian, perlu lebih memperhatikan kondisi segel genset diesel dan keausan komponen terkait. Berhati-hatilah untuk mencegah udara memasuki sistem bahan bakar unit.

Bagaimana cara mencegah udara memasuki genset diesel?

1. Periksa cadangan bahan bakar tangki bahan bakar. Jika tangki bahan bakar kosong atau volume bahan bakar kurang dari 1/6 dari kapasitas tangki bahan bakar, bahan bakar di dalam tangki akan bergetar bolak-balik saat unit berfluktuasi. Begitu outlet bahan bakar terbuka, udara akan tersedot ke sirkuit oli. Oleh karena itu, bahan bakar harus diisi ulang pada waktu yang tepat.

2. Periksa apakah paking pada sambungan tidak rata atau rusak. Jika ragu, ganti paking dengan yang baru.

3. Periksa apakah selang bahan bakar sudah tua atau rusak; apakah sambungan antara pipa bahan bakar dan sambungannya longgar. Jika ada masalah, segera ganti dengan yang baru.

4. Periksa apakah tapet pompa oli sudah aus, apakah ring seal piston dan bantalan karet hand oil pump rusak atau tidak. Jika bagian ini aus atau rusak parah, sistem oli akan menyedot udara. Oleh karena itu, jika ada masalah dengan komponen tersebut, sebaiknya perbaiki atau ganti dengan yang baru pada waktunya.

Di atas adalah metode menghilangkan udara dari rangkaian oli generator diesel yang dibagikan oleh POWERLINE. Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan hubungi kami pada nomor tertera.

31 views0 comments

Recent Posts

See All

Kegunaan Water Pump Engine Pada Genset 

Perlu Anda ketahui bahwa kegunaan water pump engine pada genset yang merupakan bagian dari diesel genset fungsinya yaitu sebagai sirkulasi air pendingin dari engine pada radiator dan juga kembali lagi

Penempatan Tangki Solar Genset Yang Tepat

Tangki solar genset biasanya sudah menjadi satu kesatuan dalam genset terutama untuk genset dengan kapasitas menengah dan kapasitas kecil. Tetapi untuk genset dengan kapastas besar sudah tidak memungk

bottom of page