top of page

Cara Service Genset Diesel Agar Tidak Mudah Rusak

Cara Service Genset Diesel Agar Tidak Mudah Rusak- Genset atau generator set merupakan suatu pembangkit listrik dapat digunakan sebagai cadangan dengan menggunakan energi kinetik. Sementara listrik yang dapat dibangkitkan dapat disesuaikan dengan besar kecilnya genset yang Anda butuhkan. Selain itu, genset ini juga merupakan salah satu alat atau mesin yang dapat digunakan sebagai alat cadangan listrik yang dapat Anda manfaatkan saat terjadi pemadaman listrik dari PLN.

Sehingga banyak dari sebagaian orang yang beranggapan bahwa generator ini menjadi salah satu kebutuhan yang harus dimiliki oleh setiap orang. Karena, penggunaan genset tidak hanya dapat digunakan di perumahan saja, akan tetapi genset juga dapat digunakan sebagai kebutuhan perkantoran, mall, pabrik, dan lain sebagainya. Sehingga Anda perlu melakukan perawatan atau service genset, agar tidak terjadi kerusakan.

Sedangkan genset yang dapat Anda gunakan sebagai kebutuhan tersebut, ada beberapa jenis genset yang dapat Anda gunakan, salah satunya adalah genset Diesel. Sementara Genset diesel merupakan salah satu genset yang dapat menghasilkan listrik dengan menggunakan alternator dan mesin diesel. Sementara mesin genset jenis ini dapat bekerja dengan menggunakan bahan bakar solar.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan perawatan pada genset yang Anda gunakan. Karena, perawatan pada genset merupakan hal penting yang harus Anda lakukan, agar dapat mencegah kerusakan pada mesin genset. Karena, Genset diesel dapat menahan beban berat selama berjam-jam dan memulai suplai daya dengan beban penuh dalam hitungan menit, sehingga harus dirawat secara teratur untuk memastikan genset memberikan daya yang berkualitas setiap kali digunakan.


Selain melakukan perawatan pada genset, tenyata ada beberapa cara yang perlu Anda lakukan untuk mencegah kerusakan pada mesin genset, salah satunya adalah melakukan service pada genset. Dimana, melakukan service pada genset dapat Anda dengan tujuan agar genset yang Anda gunakan tetap nyaman dan stabil dalam penggunaannya. Sementara hal ini dapat Anda lakukan dengan beberapa cara. Berikut adalah cara service genset diesel agar tidak mudah rusak, diantaranya meliputi :


Bagaimana Cara Service Genset Diesel Agar Tidak Mudah Rusak?

Lakukan Pemeriksaan Umum pada Saat Melakukan Service Genset

Pada saat Anda menjalankan genset diesel, dan melakukan sistem pembuangan, maka mesin genset tersebut memerlukan pemantauan ketat untuk setiap kebocoran yang dapat menyebabkan kejadian berbahaya. Seperti pembakaran internal lainnya, sehingga sangat penting untuk melakukan perawatan dan service yang tepat pada mesin genset.

Karena, melakukan service generator yang paling penting adalah penggantian oli setiap 100 jam pengoperasian. Hal ini dapat Anda lakukan dengan tujuan untuk menjamin masa pakai yang lama dan bebas dari masalah.

Lakukan Layanan Pelumasan Saat Melakukan Service Genset

Jika Anda melakukan pelumasan saat melakukan service pada genset. Maka disarankan agar Anda dapat memeriksa oli pada mesin genset saat Anda mematikan generator secara berkala. Jangan lupa untuk menyediakan oli di bagian atas mesin untuk dialirkan kembali ke bak mesin untuk klasifikasi oli API dan viskositas oli. Selain itu, Anda dapat menjaga level oli dengan menambahkan oli yang memiliki kualitas dan merek yang sama.

20 views0 comments

Recent Posts

See All

Kegunaan Water Pump Engine Pada Genset 

Perlu Anda ketahui bahwa kegunaan water pump engine pada genset yang merupakan bagian dari diesel genset fungsinya yaitu sebagai sirkulasi air pendingin dari engine pada radiator dan juga kembali lagi

Penempatan Tangki Solar Genset Yang Tepat

Tangki solar genset biasanya sudah menjadi satu kesatuan dalam genset terutama untuk genset dengan kapasitas menengah dan kapasitas kecil. Tetapi untuk genset dengan kapastas besar sudah tidak memungk

bottom of page