top of page

Ingin Genset Awet, Pahami 5 Hal Ini!

Pada dasarnya semua peralatan eletronik membutuhkan perawatan yang tepat agar bisa tahan lama. Begitu juga pada genset. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan agar genset anda menjadi lebih tahan lama.


1. Pahami Manual Book

Seringkali kita meremehkan dan tak mau membaca manual book dalam suatu produk padahal sebenernya membaca manual book memiliki banyak manfaat untuk mengenali mesin lebih dalam. Dalam manual book biasanya akan diajarkan bagaimana caranya mulai menyalakan genset hingga merawatnya sehingga bisa menekan resiko kerusakan karena salahnya penggunaan.


2. Pasang Kabel dan Komponen Lainnya Dengan Benar

Sebelum menyalakan genset ada baiknya anda mengecek komponen-komponen yang ada pada genset seperti misalnya pemasangan kabel. Coba goyangkan kabel pastikan kabel tertancap kuat dan dengan baik. Kendornya kabel pada genset bisa menyebabkan terjadi hal-hal yang tak terduga seperti misalnya korsleting hingga kebakaran.

Berbicara soal kabel pada genset, jangan pernah menyentuh kabel output ketika mesin dalam keadaan menyala. Tingginya arus listrik bisa menyebabkan anda tersetrum. Untuk memasang kabel ada baiknya dengan cara mematikan MCCB terlebih dahulu.

3. Penempatan Lokasi Genset

Tempat terbaik untuk genset adalah meletakkannya pada area yang terlindungi dari cuaca langsung selain juga ada beberapa hal lainnya yang harus diperhatikan seperti misalnya:

  • Hindari meletakkan genset pada tempat yang lembab. Pastikan sirkulasi udara juga baik sehingga mesin tetap dingin dan gas pembuangan tidak berkumpul karena bisa menyebabkan gangguan pernafasan pada orang sekitar.

  • Pastikan lingkungan sekitar bersih dan terhindar dari hewan pengerat seperti misalnya tikus karena seringkali menyebabkan kerusakan terhadap kabel dan komponen lainnya.

  • Meski menggunakan genset silent yang sudah ada penutupnya tak ada salahnya menambahkan kanopi diatasnya. Hal ini berguna untuk mencegah masuknya tetesan air hujan. Biasanya air hujan tidak hanya menyebabkan korosi namun juga bisa menyebabkan korsleting.

4. Pengisian Bahan Bakar

Isilah bahan bakar genset anda dengan teratur, dan gunakan bahan bakar yang sesuai (solar atau bensin jangan sampai tertukar), jangan biarkan tangki bahan bakar sampai kosong karena bisa merusak komponen yang ada pada genset. Selain itu selalu bersihkan permukaan sekitar tangki. Tetesan bahan bakar yang tercecer selain bisa membuat kotor mesin juga bisa bahaya jika terpercik kembang api.


5. Pasang Grounding

Pada genset biasanya terjadi yang namanya kelebihan arus listrik. Sistem grounding bisa membantu untuk menstabilkan kelebihan listrik tersebut sehingga bisa membuat bahan bakar menjadi lebih tahan lama.


Demikian beberapa hal yang bisa dilakukan oleh pemilik genset atau pengguna genset. Sebenarnya masih banyak hal yang bisa dilakukan namun apabila anda masih kesulitan sebaiknya anda langsung menanyakan kepada yang lebih ahli atau bisa menanyakannya ke toko genset yang menjual genset anda.

8 views0 comments

Recent Posts

See All

Kegunaan Water Pump Engine Pada Genset 

Perlu Anda ketahui bahwa kegunaan water pump engine pada genset yang merupakan bagian dari diesel genset fungsinya yaitu sebagai sirkulasi air pendingin dari engine pada radiator dan juga kembali lagi

Penempatan Tangki Solar Genset Yang Tepat

Tangki solar genset biasanya sudah menjadi satu kesatuan dalam genset terutama untuk genset dengan kapasitas menengah dan kapasitas kecil. Tetapi untuk genset dengan kapastas besar sudah tidak memungk

bottom of page