top of page

Ini Dia Manfaat dan Cara Ganti Oli Genset

Oli merupakan sebuah minyak yang berguna sebagai pelumas pada mesin. hadirnya oli ini juga bisa menjadi pendingin dan pembatas untuk mengurasi gesekan antar logam seminimal mungkin.

Pada dasarnya meski memiliki fungsi yang hampir mirip namun terkadang pada kondisi mesin tertentu memiliki sifat yang berbeda pula seperti misalnya pada mesin diesel. meski perputaran dengan kecepatan yang rendah faktanya temperatur yang dihasilkan jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan mesin bensin. Selain itu pada mesin diesel juga bisa meningkatkan peluang terjadinya oksidasi oli dan karatnya logam-logam terutama yang ada pada bearing.

Oleh karena itu, penggantian oli pada mesin genset pun harus dilakukan dengan benar dan teratur. Setiap mesin biasanya memiliki kebutuhan yang berbeda pula ada yang harus diganti setelah 20 hingga 500 jam pemakaian.

Manfaat ganti oli secara berkala

  • Mesin genset lebih awet dan tidak cepat aus

  • komponen didalam mesin akan lebih awet dan bebas karatnya

  • mesin menjadi lebih halus dan bebas getaran

  • putaran mesin menjadi lebih stabil

  • Nah, buat anda yang ingin mencoba melakukan pergantian oli sendiri setidaknya ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan:

  • Pastikan mesin dalam keadaan mati. Kemudian cek apakah ada bagian yang korosif atau berkarat disekitar mesin. karena hal ini bisa mengkotaminasi oli jika dibiarkan.

  • Sebelum membeli, ada baiknya anda mengecek jenis oli apa yang digunakan sebelumnya. Jangan pernah mencampur oli dengan jenis yang berbeda. Ini akan membuat tekanan pada mesin menjadi tidak stabil.

  • Siapkan wadah, corong, filter, lap serta peralatan yang dibutuhkan.

Cara pengisian oli genset:

  1. Buka seal oli pada mesin. Kemudian coba ukur berapa banyak oli yang dibutuhkan.

  2. Buka seal bawah, biarkan oli bekas keluar. tunggu hingga tangki oli benar-benar kosong. Pastikan tidak ada lagi oli yang menetes keluar.

  3. Jika dirasa tangki sudah benar-benar kosong. Tutup kembali seal bawah. lalu tuangkan oli baru kedalamnya. Jangan pernah mengisi oli melebihi garis batas. pengisian oli yang berlebihan bisa menyebabkan kinerja mesin justru menjadi tidak maksimal.

Jika anda ragu untuk melakukannya sendiri, ada baiknya menghubungi teknisi tempat anda membeli genset atau teknisi Powerline. Sebagai informasi tambahan, Powerline Genset merupakan distributor resmi di Indonesia untuk sejumlah merk genset ternama termasuk penyedia sparepart genset diesel terlengkap.

9 views0 comments

Recent Posts

See All

Kegunaan Water Pump Engine Pada Genset 

Perlu Anda ketahui bahwa kegunaan water pump engine pada genset yang merupakan bagian dari diesel genset fungsinya yaitu sebagai sirkulasi air pendingin dari engine pada radiator dan juga kembali lagi

Penempatan Tangki Solar Genset Yang Tepat

Tangki solar genset biasanya sudah menjadi satu kesatuan dalam genset terutama untuk genset dengan kapasitas menengah dan kapasitas kecil. Tetapi untuk genset dengan kapastas besar sudah tidak memungk

bottom of page