top of page

Kegunaan Water Pump Engine Pada Genset 


 

Perlu Anda ketahui bahwa kegunaan water pump engine pada genset yang merupakan bagian dari diesel genset fungsinya yaitu sebagai sirkulasi air pendingin dari engine pada radiator dan juga kembali lagi ke engine. Kemudian pengecekan genset tersebut water pump ini digerakkan dari putaran mesin sendiri yaitu melalui mekanisme pulley yang disambungkan dengan v-belt.

 

Fungsi dari Water Pump Engine

 

Water pump engine berfungsi dalam memompa air agar pendingin dapat bersirkulasi di bagian-bagian mesin melalui water jacket yaitu guna untuk melakukan pendingin water pump atau pompa air yang berputar dengan putaran mesin. Pompa air tersebut terletak dan juga tersambung pada bagian yang ada di belakang kipas pendingin, terhubung pada V belt. Oleh karena itu, putaran dari pompa air tersebut tidak sebanding dengan putaran mesin.

 

Hal yang perlu diketahui adalah pentingnya kerja dari water pump ini, maka pompa air perlu juga dirawat yaitu dengan memeriksa perlu juga mengenali kerusakan kerusakan yang sering terjadi pada water pump. Jika pompa air rusak maka harus segera diperbaiki.

 

Cara Kerja Water Pump

 

Untuk cara kerja dari water pump ini yaitu berputar pada bel yang memutarnya terhubung dengan crankshaft. Sehingga putarannya akan lebih cepat kemudian terdapat ke kipas radiator pada ujung dari water pump. Pada alat tersebut juga ada baling-baling. Jika melepas water pump terlihat dua lubang air. Kemudian di dalam baling-baling tersebut akan berputar untuk menyedot air radiator dari exhaust pipe yaitu suatu kondisi air dingin keluar dari pipa.

 

Kemudian selanjutnya air akan didorong untuk masuk menuju blok mesin air yang dingin tersebut akan mendorong air yang sudah panas di dalam blok mesin. Apabila tempat mesin panas sudah melampaui batas temperatur, maka katup dari thermostat terbuka untuk membuat air panas terdorong dari baling-baling water pump. Sehingga keluar menuju radiator dalam in house pipe.

 

Kerusakan Pada Water Pump serta Akibatnya

 

Apabila water pump atau pompa air tersebut mengalami kerusakan maka akan menimbulkan masalah yang terjadi pada mesin. Pada sebelumnya Anda sudah mengetahui bahwa fungsi dari water pump ini yaitu untuk memompa air supaya bersirkulasi. Sehingga mengalami kerusakan dan menyebabkan air pendingin tidak bisa bersirkulasi. Apabila air pendingin tidak dapat bersirkulasi, maka nanti prosesnya pendingin menjadi kurang dan bisa menyebabkan overheating.

 

Kerusakan-kerusakan yang biasanya terjadi pada pompa air ataupun water pump ini komponennya bisa mengalami karat. Sebab, diakibatkan oleh air pendingin yang membawa karat yang tentu akan menyebar ke bearing. Apabila dibiarkan berkarat bisa kemungkinan besar bearing tersebut dapat macet dan berkarat. Maka dari itu putaran water pump menjadi tersendat-sendat.

 

Bearing juga dapat menimbulkan suara yang aneh. Masalah yang terjadi biasanya kebocoran water pump yaitu disebabkan karena karat yang terjadi pada rumah water pump dan menyebabkan kebocoran. Maka dari itu, Anda harus melakukan perawatan secara berkala. Baik dengan melihatnya secara visual maupun juga mengetahui kebocoran air pendingin pada rumah dari water pump tersebut. Kemudian bisa dengan mendengar Apakah suara pada mesin bagian water pump tersebut ada atau tidak.

 

Apabila Anda sudah memahami water pump engine dan ingin membeli genset, untuk info lebih lanjutnya dapat memesan melalui distributor terpercaya yaitu di Powerline. Info lebih lanjutnya dapat melihat website resmi dari Powerline di http://powerline.co.id. Ada banyak jenis genset dan merek terkenal yang original dan bergaransi.

3 views0 comments

Recent Posts

See All

Penempatan Tangki Solar Genset Yang Tepat

Tangki solar genset biasanya sudah menjadi satu kesatuan dalam genset terutama untuk genset dengan kapasitas menengah dan kapasitas kecil. Tetapi untuk genset dengan kapastas besar sudah tidak memungk

Comments


bottom of page