top of page

Mengenal Mesin Genset Dan Bagian-Bagiannya




Mesin genset adalah mesin yang digunakan untuk menghasilkan energi listrik dengan cara mengubah tenaga mekanis menjadi energi listrik. Mesin genset biasanya terdiri dari mesin yang dikombinasikan dengan alternator (alat yang digunakan untuk mengubah tenaga mekanis menjadi energi listrik). Mesin genset bisa menggunakan bahan bakar berbeda-beda, seperti bensin, solar, atau diesel, tergantung pada kebutuhan dan spesifikasi mesin. Mesin genset biasanya digunakan untuk keperluan penyediaan listrik di tempat-tempat yang tidak terhubung dengan jaringan listrik atau sebagai cadangan listrik saat terjadi gangguan pada jaringan listrik.

Ada beberapa bagian penting pada genset yang perlu diperhatikan, di antaranya adalah:

  • Mesin: Merupakan bagian utama genset yang bertugas menghasilkan tenaga. Mesin genset biasanya terdiri dari piston, katup, crankshaft, dan lain-lain.

  • Alternator: Merupakan bagian genset yang bertugas mengubah tenaga mekanis menjadi energi listrik. Alternator terdiri dari stator, rotor, dan jaringan kawat.

  • Panel kontrol: Merupakan bagian genset yang bertugas mengontrol dan mengatur operasi mesin. Panel kontrol biasanya terdiri dari starter, voltmeter, ammeter, dan lain-lain.

  • Sistem bahan bakar: Merupakan bagian genset yang bertugas menyediakan bahan bakar ke mesin. Sistem bahan bakar terdiri dari tangki bahan bakar, pompa bahan bakar, filter bahan bakar, dan lain-lain.

  • Sistem pendingin: Merupakan bagian genset yang bertugas menjaga suhu mesin tetap stabil. Sistem pendingin terdiri dari radiator, pompa air, dan lain-lain.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan mesin genset mati atau rusak, di antaranya adalah:

  • Kurangnya perawatan: Mesin genset yang tidak mendapat perawatan yang cukup bisa mengalami kerusakan yang lebih cepat dibandingkan dengan mesin yang rutin diperiksa dan diberi perawatan. Oleh karena itu, penting untuk memastikan mesin genset mendapat perawatan secara teratur agar tetap dapat bekerja dengan baik.

  • Penggunaan mesin yang tidak sesuai dengan spesifikasi: Penggunaan mesin genset yang tidak sesuai dengan spesifikasi dapat menyebabkan kerusakan pada mesin. Misalnya, jika mesin dipaksa untuk bekerja di bawah beban yang terlalu berat atau di lingkungan yang tidak sesuai, maka mesin dapat mengalami kerusakan lebih cepat dibandingkan dengan penggunaan normal.

  • Kerusakan atau keausan pada bagian-bagian mesin: Mesin genset dapat mengalami kerusakan atau keausan pada bagian-bagian mesin seperti piston, katup, bearing, dll. Hal ini bisa disebabkan oleh usia mesin yang sudah tua, penggunaan mesin yang tidak sesuai, atau kurangnya perawatan.

  • Masalah pada sistem bahan bakar atau pendingin: Masalah pada sistem bahan bakar atau pendingin juga dapat menyebabkan mesin genset mati atau rusak. Misalnya, jika terjadi kekurangan atau kelebihan bahan bakar, atau jika terjadi masalah pada sistem pendingin, maka mesin genset bisa mengalami kerusakan.


Bagaimana Cara Mengatasi Mesin Genset Bermasalah ?

Untuk mengatasi masalah pada mesin genset, pertama-tama perlu dilakukan tindakan-tindakan berikut:

  • Identifikasi masalah: Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi masalah yang terjadi pada mesin genset. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memeriksa dan mengecek kondisi mesin serta bagian-bagian yang terlihat terpengaruh.

  • Cari tahu penyebab masalah: Setelah masalah teridentifikasi, selanjutnya adalah mencari tahu penyebab masalah tersebut. Hal ini bisa dilakukan dengan cara melakukan troubleshooting pada mesin genset, atau dengan meminta bantuan teknisi yang lebih ahli.

  • Lakukan perbaikan: Setelah penyebab masalah teridentifikasi, selanjutnya adalah melakukan perbaikan pada mesin genset sesuai dengan masalah yang terjadi. Jika perlu, anda bisa meminta bantuan teknisi atau membawa mesin genset ke bengkel yang terpercaya.

  • Lakukan perawatan mesin genset secara teratur: Setelah mesin genset diperbaiki, selanjutnya adalah menjaga kondisi mesin dengan cara melakukan perawatan secara teratur. Hal ini bisa dilakukan dengan cara membersihkan mesin, mengecek kondisi bagian-bagian, dan melakukan pemeliharaan berkala sesuai dengan instruksi pemakaian.

Dengan mengenal mesin genset dan mencari penyebab serta cara mengatasinya, dapat memberikan performa genset yang stabil dan dapat berjalan dengan lancar.

13 views0 comments

Recent Posts

See All

Kegunaan Water Pump Engine Pada Genset 

Perlu Anda ketahui bahwa kegunaan water pump engine pada genset yang merupakan bagian dari diesel genset fungsinya yaitu sebagai sirkulasi air pendingin dari engine pada radiator dan juga kembali lagi

Comments


bottom of page