top of page

Simak Harga AVR Genset, Fungsi, dan Cara Merawatnya

Updated: Oct 7, 2022


Apakah saat ini anda sedang ingin menggunakan mesin genset? Guna memenuhi kebutuhan listrik ataupun menjaga kestabilan dari pasokan listrik PLN pada saat mengalami pemadaman. Jika iya, ada baiknya mengetahui harga AVR genset. Sebab AVR merupakan bagian yang memang sangat penting dalam mempengaruhi kinerja dari genset.




Sekilas Tentang AVR


AVR yaitu singkatan dari Automatic Voltage Regulator. Fungsi dari AVR yaitu untuk menjaga suatu keseimbangan maupun stabilitas voltase dari tegangan listrik pada sebuah genset digunakan. Apabila berhadapan dengan beban listrik yang memang kerap kali selalu berubah saat menyuplai listrik di seluruh peralatan, maka peralatan elektronik seperti kulkas, televisi, komputer, patau berbagai macam peralatan lainnya akan lebih stabil


Tegangan listrik yang memang belum stabil tentunya akan berdampak buruk untuk berbagai perangkat listrik. Termasuk juga genset. Oleh karena itu, akan sangat diperlukan hal itu yang membuat skema dari AVR genset ini dan memang wajib untuk digunakan. Contohnya saja Pada saat Anda menggunakan komputer yang dihidupkan membutuhkan tegangan yang lebih besar, tetapi ternyata outputnya kurang dari tegangan listrik yang digunakan. Sehingga genset pun tidak akan bisa menyuplai. Hal tersebut tentunya akan mengurangi tegangan yang membuat regulator dari power supply dapat menggunakan AVR ini.


Pada saat sebuah genset memiliki AVR, maka kondisi akan dapat diminimalisir dan jauh lebih aman. Sehingga peralatan elektronik seperti komputer akan berjalan jauh lebih baik dan lebih aman.


Harga AVR Genset Serta Fungsinya


Cara kerja dari AVR genset ini yaitu mengatur bagian arus penguatan maupun yang disebut dengan eksitasi yang ada pada bagian exciter. Apabila suatu tegangan yang keluar dari sebuah genset pada pada bagian bawah maka bagian tersebut akan otomatis menaikkan besaran dari tegangan output pada genset sesuai dengan kebutuhannya, dengan begitu tegangan genset akan terlalu tinggi. Maka bagian tertentu tentunya akan menurunkannya.


Harga dari AVR genset ini bisa berbeda. Tergantung di mana Anda akan membelinya. Konsumen juga bisa mendapatkan harga yang terjangkau apabila bisa mendapatkan diskon. Selain itu juga dapat dibeli melalui distributornya secara langsung atau membeli di tempat yang memang tepat dan original.


Cara Mengatasi Kerusakan AVR Genset


Pada bagian stavolt yaitu scoring atau fuse kemudian putusnya bagian sekring tersebut membuat output tegangan arus genset tidak akan bisa keluar. Hal tersebut tentunya dikarenakan oleh kelebihan beban atau disebut dengan overload. Hal tersebut menjadi beban dan terpasang pada generator itu.


Kerusakan dari over genset disebutkan biasanya oleh konslet arus pendek yang terjadi pada suatu peralatan listrik yang dipasang pada genset. Komponen-komponen tersebut kemudian menjadi rusak ataupun aus dan terputusnya tegangan listrik sehingga menimbulkan percikan api. Hal itu memang sangat berbahaya. Bahkan dapat memicu kebakaran pada genset atau AVR genset


Mengatasi kerusakan tersebut yaitu bisa dilakukan dengan membersihkan komponen pada trafo AVR. Bersihkan pada carbon brush menggunakan alat kuas sampai bersih. Kemudian bersihkan bagian kawat yang ada pembagiannya menggunakan cutter sampai kawat tersebut steril. Baru setelah itu longgarkan bagian dari baut pengunci lengan dan mengatur tegangan. Kemudian tekan ke arah kumparan trafo. Lalu kencangkan dan perlu diperhatikan juga bahwa bagian tersebut memang sudah cukup halus dalam menyentuh bagian kumparan trafo. Oleh karena itu, lakukan penggantian carbon brush yang baru.


Harga AVR genset yang terjangkau dan berkualitas bisa Anda dapatkan melalui https://powerline.co.id. selain itu ada banyak produk genset yang berkualitas bisa Anda pilih dan juga produk memiliki garansi.

60 views0 comments

Recent Posts

See All

Kegunaan Water Pump Engine Pada Genset 

Perlu Anda ketahui bahwa kegunaan water pump engine pada genset yang merupakan bagian dari diesel genset fungsinya yaitu sebagai sirkulasi air pendingin dari engine pada radiator dan juga kembali lagi

Penempatan Tangki Solar Genset Yang Tepat

Tangki solar genset biasanya sudah menjadi satu kesatuan dalam genset terutama untuk genset dengan kapasitas menengah dan kapasitas kecil. Tetapi untuk genset dengan kapastas besar sudah tidak memungk

bottom of page