top of page

Sistem Bahan Bakar & Injektor Bahan Bakar Pada Mesin Diesel Genset


Genset umumnya menggunakan bahan bakar solar, ada juga yang menggunakan bensin tetapi biasanya untuk Genset yang memiliki daya keluaran yang kecil. Bagi Anda yang memiliki injektor bahan bakar pada genset mesin diesel Anda, Anda harus berhati-hati untuk menghindari penguncian udara (genset masuk angin) - suatu kondisi di mana udara masuk ke saluran bahan bakar dan membuat bahan bakar tidak masuk ke injektor. Ini paling sering terjadi saat mengganti filter bahan bakar dan melakukan perawatan lain dengan sistem bahan bakar generator set.


Injektor sensitif terhadap penguncian udara dan sulit untuk mengeluarkan udara, jadi perawatan harus dilakukan. Berhati-hatilah untuk meminimalkan kemungkinan udara masuk ke sistem pengiriman bahan bakar bertekanan, dan Anda akan terhindar dari pusing yang disebabkan oleh diri sendiri. Berikut adalah dua tips yang dapat digunakan untuk menghindari penguncian udara:


  • Jangan biarkan mesin kehabisan bahan bakar. Pastikan mengisi bahan bakar ketika sekitar setengah tangki kosong.

  • Saat mengganti filter bahan bakar, pastikan untuk mengisinya dengan bahan bakar terlebih dahulu. Ini membantu mengurangi kemungkinan masuknya udara ke dalam sistem bahan bakar selama perawatan rutin.


Seperti banyak hal lainnya, jauh lebih mudah untuk menghindari masalah daripada mengatasinya begitu masalah itu terjadi. Sistem bahan bakar Anda ingin tetap penuh bahan bakar sehingga dapat mengirimkannya di bawah tekanan ke injektor bahan bakar. Bantulah diri Anda sendiri dan jauhkan udara dari komponen sistem pengiriman dan injeksi bahan bakar Anda. Banyak dari kita mendapatkan banyak pengalaman dengan perawatan dan perbaikan kendaraan, sebagian karena beberapa hal bodoh yang telah kita lakukan selama bertahun-tahun. Kita dapat membantu diri kita sendiri dan mempertahankan keandalan kendaraan yang tinggi hanya dengan mengambil tindakan pencegahan yang wajar terhadap timbulnya masalah saat melakukan perawatan rutin.


Jika anda tidak bisa melakukan perawatan rutin sendiri karena alasan kesibukan atau yang lainnya, sebaiknya anda memanggil teknisi professional seperti service genset dari Powerline yang bisa melakukan berbagai perbaikan dan perawatan diesel genset yang anda miliki.

79 views0 comments

Recent Posts

See All

Kegunaan Water Pump Engine Pada Genset 

Perlu Anda ketahui bahwa kegunaan water pump engine pada genset yang merupakan bagian dari diesel genset fungsinya yaitu sebagai sirkulasi air pendingin dari engine pada radiator dan juga kembali lagi

Penempatan Tangki Solar Genset Yang Tepat

Tangki solar genset biasanya sudah menjadi satu kesatuan dalam genset terutama untuk genset dengan kapasitas menengah dan kapasitas kecil. Tetapi untuk genset dengan kapastas besar sudah tidak memungk

bottom of page