top of page

Tips Memperbaiki Genset Dalam Keadaan Darurat


Memperbaiki Genset Dalam Keadaan Darurat

Ketika menghadapi situasi darurat di mana genset Anda tidak berfungsi dengan baik, ada beberapa tips yang dapat membantu Anda mengatasi masalah tanpa harus membawanya ke bengkel. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk memperbaiki genset dalam kondisi darurat:


1. Tidak Bisa Dihidupkan

Salah satu masalah umum yang mungkin terjadi adalah genset tidak bisa dihidupkan sama sekali. Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan:

  • Periksa Bahan Bakar: Pastikan tangki bahan bakar terisi dengan bahan bakar yang bersih dan sesuai. Terkadang, cairan yang tidak tepat dapat masuk ke tangki dan mengganggu proses pembakaran.

  • Periksa Aki: Aki yang lemah atau tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan genset sulit dihidupkan. Pastikan aki masih memiliki kapasitas yang mencukupi untuk melakukan power starting.


2. Penurunan Daya

Jika genset mengalami penurunan daya yang tidak diharapkan, mungkin ada beberapa komponen yang perlu diperiksa dan diperbaiki:

  • Plunger Aus: Penurunan daya sering kali disebabkan oleh plunger yang aus atau tidak berfungsi dengan baik. Solusi sementara adalah melakukan reset ulang pada pompa untuk mengembalikan performa genset.

  • Alternator: Jika masalah bukan pada plunger, kemungkinan alternator yang mengalami masalah. Coba ketuk bagian alternator tersebut beberapa kali untuk mengatasi kemungkinan kotoran atau perangkat yang terjebak.


3. Fluktuasi Daya Berlebihan

Jika genset mengalami fluktuasi daya yang berlebihan, langkah-langkah berikut dapat membantu menstabilkan kembali kinerja genset:

  • Periksa Kelistrikan: Fluktuasi daya sering kali terjadi karena adanya kebocoran listrik pada sistem kelistrikan. Matikan MCB (Magnetic Circuit Breaker) atau pemutus sirkuit dan restart ulang genset. Pastikan untuk memeriksa dan menghubungkan kembali semua konektor listrik dengan benar.


Tips Tambahan

  • Lakukan langkah-langkah perbaikan ini sebagai solusi sementara saat kondisi darurat. Penting untuk diingat bahwa perbaikan jangka panjang sebaiknya dilakukan oleh teknisi terlatih atau di bengkel resmi.

  • Jika masalah terus berlanjut atau tidak dapat diatasi dengan langkah-langkah di atas, segera konsultasikan dengan profesional atau bawa genset ke bengkel untuk perbaikan lebih lanjut.

Dengan memahami dan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat meningkatkan kemampuan untuk mengatasi masalah pada genset secara mandiri saat situasi darurat. Namun demikian, pastikan untuk selalu prioritaskan keselamatan dan konsultasikan dengan ahli jika diperlukan untuk memastikan genset Anda berfungsi dengan optimal dan aman.

0 views0 comments

Recent Posts

See All

Kegunaan Water Pump Engine Pada Genset 

Perlu Anda ketahui bahwa kegunaan water pump engine pada genset yang merupakan bagian dari diesel genset fungsinya yaitu sebagai sirkulasi air pendingin dari engine pada radiator dan juga kembali lagi

Comments


bottom of page