Tips Perawatan Mesin Genset Sederhana

Luangkan waktu beberapa menit untuk melakukan beberapa perawatan dasar. Ini akan membantu Anda mencapai kinerja yang lebih baik dan memperpanjang umur mesin genset Anda dan meminimalkan tagihan biaya yang dapat dihindari dan diperbaiki.



Sesuai dengan jadwal perawatan dan pengoperasian seperti yang direkomendasikan oleh pabrikan dalam manual operator mereka, Anda dapat membantu memastikan bahwa masa pakai alat berat Anda akan diperpanjang. Ada beberapa langkah dasar yang harus diikuti.


  1. Anda harus memberikan waktu mesin Anda sekali sebelum digunakan setiap hari. Ingatlah bahwa ini adalah mesin dan getarannya konstan saat dioperasikan. Jangan takut untuk mengambil kunci pas dan memeriksa apakah ada yang bergetar lepas. Operasi yang sangat sederhana ini sebenarnya dapat menyelamatkan umur mesin Anda.

  2. Lanjutkan untuk memeriksa level oli dan memastikan bak oli penuh. Ini dapat diperiksa dengan inspeksi visual dipstick oli. Jika levelnya di bawah penuh maka top up sebelum memulai. Mempertahankan tingkat minyak yang benar sangat penting. Jika mesin Anda digunakan setiap hari, maka level oli harus diperiksa dan dirawat setiap hari. Buku panduan pemilik menyediakan jadwal servis untuk Anda gunakan. Servis pertama dilakukan setelah periode awal berjalan dan biasanya dilakukan setelah 20 jam penggunaan. Ganti oli ke oli bersih baru saat ini. Layanan selanjutnya biasanya dilakukan setelah 100 jam penggunaan. Ganti oli ke oli bersih baru saat ini juga. Jika mesin Anda tidak dilengkapi dengan run meter maka yang terbaik adalah mencoba dan menyimpan log penggunaan. Ingat dibandingkan dengan suku cadang mahal dan tenaga kerja untuk perbaikan minyak murah. Lebih baik mengganti oli Anda lebih sering daripada tidak cukup sering. Sebagian besar engine saat ini dilengkapi dengan fitur penghentian oli rendah yang melindungi engine dari kerusakan yang terkait dengan oli rendah, menjaga level oli tetap penuh akan membantu perlindungan lebih lanjut.

  3. Periksa filter udara Anda secara teratur dan ganti dengan yang baru jika Anda tidak dapat membersihkannya. Jangan lupa untuk melumasi filter udara Anda jika itu adalah jenis yang membutuhkan pelumasan. Ada pelumas filter udara khusus yang tersedia di pasaran, namun menurut saya semprotan ringan dengan WD 40 bekerja dengan baik. Ini membantu menjebak partikel debu halus di filter untuk mencegahnya masuk ke motor Anda dan mencegah potensi kerusakan.

  4. Satu-satunya masalah paling umum yang terkait dengan kegagalan mesin dapat dikaitkan dengan bahan bakar yang terkontaminasi. Bahan bakar yang kotor dapat menyebabkan karburator tersumbat atau kerusakan katup yang serius, keduanya dapat mahal untuk diperbaiki. Pastikan untuk menyimpan bahan bakar Anda dalam wadah yang sesuai dan tertutup rapat, bebas dari kontaminasi dan paparan elemen. Masuknya air atau uap air yang tidak terdeteksi akan mencemari bahan bakar Anda. Sebelum mengisi bahan bakar mesin Anda, pastikan untuk mematikannya dan memberikan waktu pendinginan yang cukup sebelum mencoba untuk mengisi bahan bakar.

  5. Genset direkayasa untuk menghasilkan sejumlah daya dan preset pabrik dalam parameter operasi tertentu. JANGAN atur kecepatan mesin. Penyetelan yang tidak terlatih atau tidak tepat dapat menyebabkan mesin terlalu panas, kerusakan pada peralatan yang Anda gunakan disebabkan oleh voltase yang salah dan akan membatalkan garansi Anda. Serahkan penyesuaian ini pada ahlinya.

  6. Selalu tempatkan mesin Anda pada permukaan yang rata dan kokoh untuk pengoperasian. Ini telah direkayasa untuk beroperasi pada permukaan yang rata. Mengoperasikan mesin Anda pada permukaan yang tidak rata atau miring dapat menyebabkan aliran oli yang buruk dan mesin mati. Ini juga dapat menyebabkan kerusakan pada piston dan bak mesin karena mengganggu aliran bahan bakar ke karburator

  7. Jika Anda tidak ingin menggunakan mesin Anda untuk waktu yang lama, kosongkan tangki bahan bakar Anda. Ini akan mencegah bahan bakar menjadi basi atau terkontaminasi. Ini juga saat yang tepat untuk memberikan set Anda sekali lagi dan melayani dan membersihkannya. Seperti mesin apa pun dalam penyimpanan, selalu merupakan ide bagus untuk memberi mereka kinerja yang baik setiap beberapa bulan. Jalankan genset Anda selalu di bawah beban selama 10-20 menit. Ini akan melumasi motor Anda dan membantu mencegah korosi.


Dengan mengikuti tip perawatan sederhana ini, Anda akan memperpanjang umur mesin Anda dan menghemat uang yang diperoleh dengan susah payah untuk perbaikan yang mahal dan dapat dihindari.

3 views0 comments