top of page

Tips Untuk Membantu Membuat Generator Anda Lebih Tenang

Updated: Oct 7, 2022


Tips untuk membuat generator anda lebih tenang
Tips untuk membuat generator anda lebih tenang

Generator memiliki reputasi sebagai yang bising, tetapi ada beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan untuk meminimalkan tingkat kebisingan. Menemukan model yang secara khusus dirancang untuk bekerja dengan tenang adalah salah satu pilihan, tetapi meskipun Anda memiliki model yang lebih keras, ada taktik peredam bising.

Ini adalah panduan singkat tentang cara menemukan generator yang bekerja setenang mungkin dan cara membuat generator yang sangat keras tidak terlalu mengganggu.


SPESIFIKASI YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEBISINGAN

Spesifikasi produk menawarkan beberapa wawasan tentang seberapa keras mesin bekerja. Ini adalah detail yang harus diperhatikan saat membeli produk baru.

MEMILIH JENIS GENERATOR

Teknologi yang digunakan dan jenis generator juga menjadi indikator seberapa keras mesin bekerja. Secara keseluruhan, mesin yang menggunakan teknologi inverter adalah yang paling tenang, diikuti oleh unit siaga rumah (terutama saat menggunakan propana) dan generator portabel yang paling keras.

JENIS BAHAN BAKAR

Jenis generator tertentu bekerja jauh lebih tenang dari pada yang lain tetapi sebagian besar tergantung pada jenis bahan bakar. Misalnya, generator bertenaga surya praktis tidak bersuara sehingga jenis ini direkomendasikan untuk penggunaan di dalam ruangan.

Generator yang menjalankan bahan bakar fosil adalah yang paling keras, meskipun ada beberapa perbedaan mencolok antara bahan bakar yang berbeda. Mesin diesel mengeluarkan suara paling banyak, diikuti oleh bensin dan propana yang relatif tidak berisik.

Jenis bahan bakar

UKURAN MESIN

Sebagai aturan umum, semakin besar mesin, semakin keras itu berjalan yang juga berarti bahwa generator yang lebih bertenaga cenderung mengeluarkan lebih banyak suara dari pada yang berkapasitas kecil. Inilah sebabnya mengapa generator portabel tugas berat 8000 watt, misalnya, memiliki peringkat desibel yang lebih tinggi daripada versi 2000 watt dari kisaran yang sama.

Namun, ada pengecualian. Model home standby sangat bertenaga tetapi dilengkapi dengan teknologi peredam bising sehingga dapat dipasang sangat dekat dengan rumah tanpa terlalu mencolok.

Ada juga inverter hybrid yang memiliki kapasitas lebih dari inverter tradisional dengan desain rangka terbuka yang membuatnya lebih ringan. Ini adalah alternatif yang baik untuk generator portabel konvensional jika Anda mengkhawatirkan rating desibel.

SOUNDPROOFING

Ada beberapa detail desain yang dapat disertakan oleh produsen untuk mengurangi kebisingan. Contohnya adalah knalpot, isolasi suara karet dan bingkai atau casing peredam suara. Namun, banyak pabrikan tidak memasukkan aspek-aspek ini ke dalam desain karena ini juga berarti bahwa biaya produksi lebih tinggi dan begitu pula harga jualnya. Anda kemudian memiliki pilihan untuk membeli model yang lebih mahal atau menambahkan sendiri aksesori tersebut.



 
 

KUSTOMISASI UNTUK BERJALAN LEBIH HENING

Seperti yang disebutkan, Anda bisa mendapatkan aksesori yang mengeluarkan suara saat dipasang dengan benar. Namun, ada lebih banyak perubahan yang bisa Anda lakukan.


1. Sesuaikan Posisi Pipa

Pipa knalpot yang menghadap horizontal adalah yang paling berisik karena gelombang suara langsung mengarah ke sesuatu. Secara alami, generator dilengkapi dengan instruksi untuk menempatkan knalpot menghadap jauh dari rumah atau bangunan lain tetapi tetangga Anda di rumah atau di tempat perkemahan mungkin tidak terlalu menghargainya.

Solusinya adalah memasang pipa knalpot menghadap ke atas. Semakin vertikal posisinya berarti juga tidak menghadap apapun secara langsung.


2. Tambahkan Knalpot

Banyak generator portabel sudah dilengkapi dengan muffler tetapi jika tidak sesuai dengan keinginan Anda, Anda dapat menggantinya. Hubungi layanan pelanggan atau toko perangkat keras terdekat untuk menanyakan muffler mana yang paling kompatibel.


3. Trik Ember Air

Metode ini tidak memerlukan penyesuaian permanen tetapi Anda mengubah fungsinya. Metode ini menyalurkan suara dari knalpot ke ember berisi air, idenya adalah air adalah penyekat suara.


Untuk melakukan ini, sambungkan selang ke knalpot dan jatuhkan ujung lainnya ke dalam ember yang berisi air. Tempatkan lubang kecil tempat selang mencapai bagian atas ember untuk mencegah air masuk ke pipa knalpot atau letakkan generator di tempat yang lebih tinggi. Perhatikan bahwa ini hanya mengurangi kebisingan dari pipa knalpot dan tidak mengurangi kebisingan yang disebabkan oleh getaran.


CARA MENGURANGI KEBISINGAN TANPA MENYESUAIKAN

Jika Anda lebih suka menghindari perubahan apa pun pada generator itu sendiri, masih ada cara untuk meredam suara. Beberapa tip ini masih memerlukan beberapa DIY tetapi beberapa lebih sederhana dari yang Anda pikirkan.

Place Far Away

Sesederhana itu. Semakin jauh jaraknya, semakin kecil kemungkinan Anda mendengarnya, jadi gunakan selang yang lebih panjang jika memungkinkan.

Buat Kotak Kedap Suara

Membuat kotak untuk generator tidak hanya mencegah suara bergerak sangat jauh, tetapi juga dapat berfungsi sebagai ruang penyimpanan luar ruangan untuk mesin. Jelajahi online untuk bahan aman yang dapat menangani kondisi panas dan cuaca dan cari desain yang telah dicoba dan tepercaya.


Ingatlah bahwa generator bertenaga bahan bakar memerlukan ventilasi yang cukup untuk mencegah penumpukan karbon monoksida yang berbahaya. Bahan isolasi tahan api adalah contoh yang baik untuk tugas ini.


Jika Anda menginginkan sesuatu yang tidak terlalu permanen, Anda dapat menggunakan partisi pembatalan suara yang dapat Anda pindahkan kapan saja.

Pasang Deflektor Suara

Deflektor suara adalah bahan keras yang memantulkan gelombang suara ke arah yang berbeda. Dalam beberapa kasus, mereka digunakan untuk membuat jalur yang lebih langsung ke arah Anda, tetapi dalam kasus ini Anda jelas ingin mengatur deflektor agar mereka menjauh dari RV atau rumah Anda.

Tempatkan di Karet

Beberapa kebisingan hanya berasal dari getaran sehingga mengurangi goyangan mesin juga dapat menurunkan desibel. Keset karet sederhana di bawah genset saja sudah cukup untuk meredam getaran atau beli alas khusus anti getaran.

Cara lainnya, beli kaki karet atau balut karet di sekitar bagian bawah bingkai. Pastikan bahannya tahan panas karena mesin ini bisa menjadi cukup panas.


Taktik terbaik adalah menerapkan beberapa metode peredaman suara secara bersamaan. Generator tidak akan pernah sepenuhnya diam tetapi trik ini dapat menghilangkan beberapa gangguan. Untuk mendapatkan genset silent anda bisa memilikinya dengan melakukan pemesanan di POWERLINE yang secara baik dan tepat menjadi solusi untuk usaha anda dalam mendapatkan listrik yang anda inginkan. Dengan genset yang anda inginkan bisa menjadi suatu pilihan terbaik untuk anda, karenanya segera miliki genset yang diinginkan dari kami sekarang juga.

49 views0 comments

Recent Posts

See All

Kegunaan Water Pump Engine Pada Genset 

Perlu Anda ketahui bahwa kegunaan water pump engine pada genset yang merupakan bagian dari diesel genset fungsinya yaitu sebagai sirkulasi air pendingin dari engine pada radiator dan juga kembali lagi

Penempatan Tangki Solar Genset Yang Tepat

Tangki solar genset biasanya sudah menjadi satu kesatuan dalam genset terutama untuk genset dengan kapasitas menengah dan kapasitas kecil. Tetapi untuk genset dengan kapastas besar sudah tidak memungk

bottom of page